Media pembelajaran
merupakan salah satu sarana untuk lebih mengefektifkan dalam proses belajar
mengajar di sekolah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan media,
yang perlu diperhatikan antara lain : tujuan, ketepatgunaan, keadaan siswa,
ketersediaan, mutu teknis dan biaya yang tersedia dapat dijabarkan sebagai
berikut.
Sunday, April 28, 2013
Klasifikasi Media Pembelajaran
Sunday, April 28, 2013
Media, Pengertian
Menurut Briggs (1986:23) mengemukakan
bahwa media pembelajaran ada 13 bagian yaitu : a) objek, b) model, c) suara, d) langsung, e) rekaman, f)
audio, g) media cetak, h) pembelajaran terprogram, i) papan tulis, j) media
transparan, k) film rangkai, l) film bingkai, m) film televisi dan gambar.
Sedangkan Amir Hamzah Sulaiman (Nyoman S. Degeng 1993:5) menggolongkan media sebagai
berikut.
Pengertian Media
Sunday, April 28, 2013
Media, Pengertian
Secara harfiah kata ‘media’ yang
dalam bahasa latin disebut mediumb
berarti perantara atau pengantar. Media adalah perantara atau pengantar pesan
dari pengirim kepada penerima. Banyak para pakar yang memberi batasan tentang
media. Assosiation of Education and
Communication Technology (AECT) membatasi media sebagai segala bentuk dan
saluran yang digunakan orang untuk menyampaiakan pesan dan informasi. Selain
itu Gagne (1970) menyatakan, bahwa media adalah berbagai jenis komponen dalam
lingkungan siswayang dapat merangsang kegiatan belajar.
Manfaat Belajar Kelompok
Sunday, April 28, 2013
Belajar, Model, Pengertian
Untuk membentuk manusia demokratis harus ditekankan pelaksanaan kerjasama
atau kerja kelompok, karena menurut para ahli pendidikan prinsip kerjasama
lebih banyak faedahnya daripada sistem persaingan. Nasution (2000:34)
mengemukakan beberapa manfaat dari kerja kelompok sebagai berikut.
a.
Mempertinggi hasil belajar, baik secara kuantitatif
maupun kualitatif.
b.
Keputusan kelompok lebih mudah diterima setiap anggota,
bila mereka turut memikirkan dan memutuskan bersama-sama.
c.
Mengembangkan perasaan sosial dan pergaulan sosial yang
baik.
d.
Meningkatkan rasa percaya diri anggota kelompok.
Komunikasi Dalam Pembelajaran
Sunday, April 28, 2013
Pengertian
Dalam rangka mencapai interaksi belajar mengajar, maka perlu adanya
komunikasi yang jelas antara guru dengan siswa, sehingga terpadunya dua
kegiatan yaitu kegiatan mengajar oleh guru dan kegiatan belajar oleh siswa yang
berdaya guna dalam mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu guru perlu
mengembangkan pola komunikasi yang efektif dalam proses belajar mengajar,
karena lemahnya sistem komunikasi dapat mengakibatkan kegagalan dalam
pencapaian tujuan. Ada tiga pola komunikasi yang dapat digunakan untuk
mengembangkan interaksi dinamis antara guru dan siswa, sebagaimana dikemukakan
Sudjana (2000:45) yaitu : a) komunikasi sebagai aksi atau komunikasi satu arah,
b) komunikasi sebagai interaksi atau komunikasi dua arah, dan c) komunikasi
banyak arah atau komunikasi sebagai transaksi. Untuk lebih jelasnya dapat
diuraikan sebagai berikut.
Model Pembelajaran Penjasorkes dengan Bermain Sirkuit
Sunday, April 28, 2013
Belajar, Media, Metode, Model, Pengertian
a.
Hakekat Latihan Sirkuit
Sistem latihan sirkuit diperkenalkan oleh Morgan dan Adamson
pada tahun 1953 di University of Leeds di Inggris. Latihan semakin populer dan
diakui oleh banyak pelatih, ahli-ahli pendidikan jasmani, dan atlet sebagai
suatu sistem latihan yang dapat memperbaiki secara serempak fitness keseluruhan
dari tubuh, yaitu komponen power, daya tahan, kecepatan, fleksibilitas,
mobilitas, dan komponen-komponen lainnya.
Bentuk-bentuk latihan dalam sirkuit adalah kombinasi dari semua
unsur fisik. Latihan-latihannya bisa berupa
lari naik-turun tangga, lari ke samping, ke belakang, melempar bola, memukul
bola dengan raket, lompat-lompat, berbagai bentuk latihan beban, dan
sebagainya. Bentuk-bentuk latihannya
biasanya disusun dalam lingkaran. Karena itu nama latihan ini disebut circuit
training. Dengan sedikit kecerdikan dan
kreativitas pelatih/pembina akan dapat mendesain suatu sirkuit yang paling
cocok untuk cabang olahraga tertentu.
Bermain bentuk Sirkuit merupakan
modifikasi dari sirkuit training, pengertian dari bermain bentuk sirkuit tidak
jauh beda dari sirkuit training yaitu kegiatan yang terdiri dari serangkaian
bentuk latihan yang dilakukan sekaligus dengan diselingi waktu istirahat yang
telah diatur, hanya saja dalam bermain bentuk sirkuit setiap kegiatan atau pos akan
memunculkan latihan yang berisi unsur-unsur bermain sehingga para siswa
diharapkan tidak merasa sedang melakukan sirkuit training melainkan sedang
bermain bersama-sama dengan temannya.
Konsep Bermain
Sunday, April 28, 2013
Metode, Model, Pengertian
Kegiatan
bermain merupakan suatu kegiatan yang sangat diperlukan oleh setiap manusia
tanpa memandang usia manusia tersebut. Khususnya untuk anak-anak kegiatan
bermain merupakan suatu kegiatan yang bersifat sangat penting, sebab melalui
kegiatan bermain potensi yang dimiliki oleh anak dapat tergali secara optimal.
Keinginan bermain timbul karena minat pada
diri seseorang untuk bergerak sesuai dengan kebutuhan, memelihara kondisi tubuh
serta untuk menghilangkan kejenuhan. Bermain merupakan kegiatan yang penuh daya
hayal, penuh aktivitas, dan anak-anak melakukannya dengan cara mereka sendiri
menggunakan tangan dan tubuh mereka.
Monday, April 8, 2013
Contoh - Contoh Judul yang sesuai untuk PTK
Monday, April 08, 2013
Metode, Model, Pengertian
- Meningkatkan Y melalui X bagi siswa kelas…SD/SMP/SMA …pada semester… tahun…
- Melalui X untuk meningkatkan Y bagi siswa kelas…SD/SMP/SMA …pada semester… tahun…
- Upaya mengatasi rendahnya Y melalui X bagi siswa kelas…SD/SMP/SMA …pada semester… tahun…
Subscribe to:
Posts (Atom)