Kelebihan Menggunakan Portofolio Untuk
Penilaian
Pengetahuan tidak
datang dan masuk ke dalam benak siswa seperti hujan turun dan meresap ke dalam
tanah. Untuk memperoleh pengetahu-an,
siswa harus ‘berjuang’ dengan mencerna informasi yang datang dari guru,
informasi dari media cetak (bahan tertulis), informasi yang terkandung di dalam
benda-benda yang dijumpainya, dan sebagainya.
Oleh karena itu, untuk memperoleh pengetahuan, siswa harus ‘aktif’, atau
‘belajar secara aktif’. Oleh karena itu,
dalam kelas yang ideal, siswa harus melakukan ‘penyelidikan’ memecahkan
masalah, mengeksplorasi gagasan-gagasan dengan menggunakan benda-benda konkret,
menggunakan media pembelajaran, mengerjakan hal-hal tersebut secara mandiri dan
secara berkelompok, atau dengan bekerja sama dalam kelompok kecil,
mengungkap-kan gagasan-gagasan baik secara tertulis maupun secara lisan.