Bahan ajar dapat berupa handout, buku, lembar kegiatan siswa (LKS), modul,
brosur atau leaflet, Wallchart, Foto/ Gambar, Model/Maket. Dalam menyusun bahan yang perlu diperhatikan
adalah bahwa judul atau materi yang disajikan harus berintikan kompetensi dasar
atau materi pokok yang harus dicapai oleh peserta didik, di samping itu menurut
Steffen-Peter Ballstaedt bahan ajar
cetak harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:
- Susunan tampilan, yang menyangkut: Urutan yang mudah, judul yang singkat, terdapat daftar isi, struktur kognitifnya jelas, rangkuman, dan tugas pembaca.
- Bahasa yang mudah, menyangkut: mengalirnya kosa kata, jelasnya kalimat, jelasnya hubungan kalimat, kalimat yang tidak terlalu panjang.
- Menguji pemahaman, yang menyangkut: menilai melalui orangnya, check list untuk pemahaman.
- Stimulan, yang menyangkut: enak tidaknya dilihat, tulisan mendorong pembaca untuk berfikir, menguji stimulan.
- Kemudahan dibaca, yang menyangkut: keramahan terhadap mata (huruf yang digunakan tidak terlalu kecil dan enak dibaca), urutan teks terstruktur, mudah dibaca.
- Materi instruksional, yang menyangkut: pemilihan teks, bahan kajian, lembar kerja (work sheet).