Friday, September 7, 2012

Pengertian Membaca


Tiga istilah sering digunakan untuk memberikan komponen dasar dari proses membaca, yaitu recording, decoding, dan meaning. Recording merujuk pada kata-kata dan kalimat, kemudian mengasosiasikannya dengan bunyi-bunyinya sesuai dengan sistem tulisan yang digunakan.  Proses decoding ( penyandian ) merujuk pada proses penterjemahan rangkaian grafis ke dalam kata-kata.

Dekemukakan oleh Crawley dan Mountain ( 1995 ) yang dikutip Farida Rahim ( 2005 : 3 ) membaca merupakan gabungan proses perseptual dan kognitif. Menurut pandangan tersebut membaca sebagai proses visual merupakan proses menerjemahkan simbol tulis ke dalam bunyi.
Sedangkan Klein, dkk (1996 ) yang dikutip oleh Farida Rahim ( 2005 : 3 ) mengemukakan definisi membaca  mencakup (1) membaca merupakan suatu proses (2) membaca adalah strategis, membaca merupakan interaktif, membaca merupakan suatu proses informasi dari teks dan pengetahuan yang dimiliki oleh pembaca dalam membentuk makna.



Membaca pada hakikatnya adalah suatu yang rumit yang melibatkan banyak hal, tidak hanya sekedar melafalkan tulisan, tetapi juga melibatkan aktivitas visual, berfikir, psikolinguistik, dan metakognitif. Sebagai proses visual membaca merupakan proses menterjemahkan simbol tulis ( huruf ) kedalam kata-kata lisan. Sebagai suatu proses berfikir, membaca mencakup aktivitas pengenalan kata, pemahaman literal, interpretasi, membaca kritis dan pemahaman kreatif. Pengenalan kata dapat berupa aktivitas membaca kata-kata  dengan menggunakan kamus menurut Crowley dan Mountain ( 1995 ) yang dikutip oleh Farida Rahim  ( 2005 : 2 ).