Apakah yang
disebut “portofolio”? Ada beberapa macam portofolio. Dalam kalangan seniman
misalnya, ada portofolio yang berarti kumpulan hasil karya terbaik seorang
seniman, yang sengaja diadakan untuk keperluan pameran. Dalam dunia pendidikan,
portofolio adalah kumpulan hasil karya seorang siswa, sebagai hasil
pelaksanaan tugas kinerja, yang ditentukan oleh guru atau oleh siswa bersama
guru, sebagai bagian dari uasaha mencapai tujuan belajar, atau mencapai
kompetensi yang ditentukan dalam kurikulum. Jadi, tidak setiap kumpulan
karya seorang siswa disebut portofolio.
Portofolio dalam arti ini, dapat digunakan sebagai instrumen penilaian
atau salah satu komponen dari instrumen penilaian, untuk menilai kompetensi
siswa, atau menilai hasil belajar siswa.
Portofolio demikian disebut juga ‘portofolio untuk penilaian’ atau
‘portofolio penilaian’.
Sebagai instrumen penilaian, portofolio
difokuskan pada dokumen tentang kerja siswa yang produktif, yaitu ‘bukti’
tentang apa yang dapat dilakukan oleh siswa, bukan apa yang tidak dapat
dikerjakan (dijawab atau dipecahkan) oleh siswa. Bagi guru, portofolio
menyajikan wawasan tentang banyak segi perkembangan siswa dalam belajarnya: cara
berpikirnya, pemahamannya atas pelajaran yang bersangkutan, kemampuannya
mengungkapkan gagasan-gagasannya, sikapnya terhadap mata pelajaran yang
bersangkutan, dan sebagainya. Portofolio
penilaian bukan sekedar kumpulan hasil kerja siswa, melainkan kumpulan hasil
siswa dari kerja yang sengaja diperbuat siswa untuk menunjukkan bukti tentang
kompetensi, pemahaman, dan capaian siswa dalam mata pelajaran tertentu. Portofolio juga merupakan kumpulan informasi
yang perlu diketahui oleh guru sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan
langkah-langkah perbaikan pembelajaran, atau peningkatan belajar siswa.
Portofolio siswa untuk penilaian
merupakan kumpulan produksi siswa, yang berisi berbagai jenis karya
seorang siswa, misalnya:
1. Hasil proyek, penyelidikan, atau
praktik siswa, yang disajikan secara tertulis atau dengan penjelasan tertulis.
2. Gambar atau laporan hasil pengamatan
siswa, dalam rangka melaksanakan tugas untuk mata pelajaran yang bersangkutan
3. Analisis situasi yang berkaitan atau
relevan dengan mata pelajaran yang bersangkutan
4. Deskripsi dan diagram pemecahan suatu
masalah, dalam mata pelajaran yang bersangkutan
5. Laporan hasil penyelidikan tentang
hubungan antara konsep-konsep dalam mata pelajaran atau antarmata-pelajaran
6. Penyelesaian soal-soal terbuka
7. Hasil tugas pekerjaan rumah yang khas,
misalnya dengan cara yang berbeda dengan cara yang diajarkan di sekolah, atau
dengan cara yang berbeda dari cara pilihan teman-teman sekelasnya
8. Laporan kerja kelompok
9. Hasil kerja siswa yang diperoleh dengan
menggunakan alat rekam video, alat rekam audio, dan komputer.
10. Fotokopi surat piagam atau tanda
penghargaan yang pernah diterima oleh siswa yang bersangkutan.
11. Hasil karya dalam mata pelajaran yang
bersangkutan, yang tidak ditugas-kan oleh guru (atas pilihan siswa sendiri,
tetapi relevan dengan mata pelajaran yang bersangkutan)
12. Cerita tentang kesenangan atau
ketidaksenangan siswa terhadap mata pelajaran yang bersangkutan
13. Cerita tentang usaha siswa sendiri
dalam mengatasi hambatan psikologis, atau usaha peningkatan diri, dalam
mempelajari mata pelajaran yang bersangkutan.
14. Laporan tentang sikap siswa terhadap
pelajaran