Langkah-langkah Metode Pembelajaran Discovery inquiry



Menurut pendapat Herman J.Waluyo (2006:15) bahwa para siswa yang berinquiry terhadap suatu masalah, seharusnya mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
1)      mengidentivikasi dan merumuskan situasi dengan jelas yang berarti memfokuskan inquiry
2)      mengajukan pertanyaan tentang kenyataan (fakta)
3)      merumuskan suatu hipotesis untuk menjawab pertanyaan pada langkah kedua
4)      mengumpulkan informasi yang relevan dengan hipotesis dan menguji tiap hipotesis dengan data yang telah dikumpulkan

5)      merumuskan suatu jawaban terhadap pertanyaan pokok dan menyatakan jawaban sebagai proposisi fakta (jawaban harus menyajikan sintesis tentang hipotesis yang diusulkan dan hasil-hasil pengujian hipotesis serta pengumpulan informasi).
Pada proses inquiry ini menuntut guru untuk berperan sebagai fasilitator, nara sumber, dan konselor kelompok. Guru menyajikan beberapa pengetahuan seraya mendorong mereka untuk mencari pengetahuan sendiri. Beberapa kriteria berikut ini harus diperhatikan para guru agar berhasil dalam melaksanakan metode ini:
1)      merumuskan topic inquiry dengan jelas dan bermanfaat bagi siswa.
2)      membentuk kelompok yang seimbang baik akademis maupun sosial.
3)      menjelaskan tugas dan menyediakan balikan kepada kelompok-kelompok dengan cara yang responsive dan tepat waktunya.
4)      sekali-sekali perlu intervensi oleh guru agar terjadi interaksi antar pribadi yang sehat dan demi kemajuan tugas.
5)      melaksanakan penilaian terhadap kelompok, baik terhadap kemajuan kelompok maupun terhadap hasil-hasil yang dicapai.

1 komentar: