Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu
guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Bahan yang
dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis.
Bahan ajar atau teaching-material,
terdiri atas dua kata yaitu teaching
atau mengajar dan material atau
bahan.
Menurut University of Wollongong NSW 2522, AUSTRALIA pada website-nya, WebPage last updated:
August 1998, Teaching is defined as the
process of creating and sustaining an effective environment for learning.
Mengajar diartikan sebagai proses menciptakan dan
mempertahankan suatu lingkungan belajar yang efektif.
Paul S. Ache lebih lanjut mengemukakan tentang material yaitu:
Books can be used as reference material, or they can be used as paper weights, but they cannot teach.
Buku dapat digunakan sebagai bahan rujukan, atau dapat digunakan sebagai bahan tertulis yang berbobot, tetapi buku tidak dapat mengajar.
Dalam website Dikmenjur dikemukakan pengertian
bahwa, bahan ajar merupakan seperangkat materi/substansi pelajaran (teaching
material) yang disusun secara sistematis, menampilkan sosok utuh dari
kompetensi yang akan dikuasai siswa dalam kegiatan pembelajaran. Dengan bahan ajar memungkinkan siswa dapat mempelajari suatu kompetensi
atau kompetensi dasar secara runtut dan sistematis sehingga secara akumulatif
mampu menguasai semua kompetensi secara utuh dan terpadu.
Lebih lanjut disebutkan bahwa bahan ajar berfungsi sebagai:
a. Pedoman bagi
Guru yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran,
sekaligus merupakan substansi kompetensi yang seharusnya diajarkan kepada
siswa.
b. Pedoman bagi
Siswa yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran,
sekaligus merupakan substansi kompetensi yang seharusnya
dipelajari/dikuasainya.
c. Alat evaluasi pencapaian/penguasaan hasil
pembelajar-an.
Pendapat lain mengatakan sebagai berikut;
Definition of teaching material
They are the
information, equipment and text for instructors that are required for planning and review upon training implementation. Text and training equipment are included in
the teaching material.( Anonim dalam Web-site)
Bahan ajar merupakan informasi, alat dan teks yang diperlukan
guru/instruktor untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran.
Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu
guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan
tertulis maupun bahan tidak tertulis. (National Center for Vocational Education Research Ltd/National Center for Competency Based Training).
Pengelompokan
bahan ajar menurut Faculté de Psychologie
et des Sciences de l’Education Université de Genève dalam website
adalah sebagai berikut :
Integrated
media-written, audiovisual, electronic, and interactive-appears in all their
programs under the name of Medienverbund or Mediamix (Feren Universitaet and
Open University respectively). World Wide Web home
page: http://tecfa.unige.ch/tecfa/general/tecfa people/peraya.
html>http://tecfa.unige.ch/tecfa/general/tecfa-people/ peraya.html, Faculté
de Psychologie et des Sciences de l’Education Université de Genève.
Media tulis, audio visual, elektronik, dan interaktif terintegrasi
yang kemudian disebut sebagai medienverbund
(bahasa jerman yang berarti media terintegrasi) atau mediamix.
Sedangkan Bernd Weidenmann, 1994 dalam buku Lernen mit Bildmedien mengelompokkan menjadi tiga besar, pertama auditiv yang menyangkut radio (Rundfunk), kaset (Tonkassette), piringan hitam (Schallplatte). Kedua yaitu visual (visuell) yang menyangkut Flipchart,
gambar (Wandbild), film bisu (Stummfilm), video bisu (Stummvideo), program komputer (Computer-Lernprogramm), bahan tertulis
dengan dan tanpa gambar (Lerntext, mit und ohne Abbildung). Ketiga yaitu audio visual (audiovisuell) yang
menyangkut berbicara dengan gambar (Rede mit Bild), pertunjukan suara dan
gambar (Tonbildschau),dan film/video.
Dari berbagai pendapat di atas dapat disarikan bahwa bahan ajar adalah
merupakan seperangkat materi yang disusun secara sistematis sehingga tercipta
lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar.
Sebuah bahan ajar paling tidak
mencakup antara lain :
a. Petunjuk belajar (Petunjuk
siswa/guru)
b. Kompetensi yang akan dicapai
c. Content atau isi pelajaran
d. Informasi pendukung
e. Latihan-latihan
f. Petunjuk kerja, dapat berupa
Lembar Kerja (LK)
g. Evaluasi
h. Respon atau balikan terhadap
hasil evaluasi