Friday, August 8, 2014

Ciri Ciri Penelitian Tindakan Kelas ( PTK )



         Kegiatan ptk hrs tertuju pada peningkatan mutu siswa, sasarannya harus siswa.
         Rencana tindakan harus jelas siswa mau diapakan, tindakannya berupa apa, siswa sebagai subjek harus melakukan apa
         Tindakan harus dapat dilihat dalam unjuk kerja siswa secara konkrit yang dapat diteliti  dan diamati.
         Siswa hrs melakukan sesuatu, mungkin fisik atau mental.
         Kegiatan tidak hanya menyadarkan tetapi membiasakan
         Subyek pelaku bukan hanya perorangan tetapi klasikal. Tidak ada siswa yang bebas dari tindakan.
          jika guru punya masalah dengan beberapa siswa , penanganannya tetap menyeluruh
         Pemberian tindakan dilakukan oleh guru sendiri , tidak meminta bantuan kepala sekolah atau guru
lain dan orang tua siswa
         Penelitian tindakan berlangsung dalam siklus, maka dapat disebut sebagai penelitian eksperimen berkesinambungan.
         Yang diutamakan dalam ptk adalah proses. Sedangkan hasil adalah konsekuensi logis dari keterlaksanaan proses
         Penelitian tindakan  bukan menjelaskan tentang materi, tetapi tentang cara , prosedure atau metode .
          maka topik permasalahan tidak boleh terlalu sempit agar dapat tampak pengulangannya dalam siklus
         Tindakan harus baru, berbeda dari biasanya, bukan tindakan yang sudah biasa dilakukan.
         Kalaupaun biasaa dilakukan hrs ada yang berbeda, modifikasi atau penyempurnaan
         Tindakan oleh guru harus bukan bersifat teorotik tetapi berpijak pada kondisi yang riil.
         Rencana tindakan akan meyakinkan kalau ada uraian tentang kondisi riil tempat tindakan .
         Tindakan oleh guru kepada siswa tidak diterima sebagai paksaan tetapi merupakan kesepakatan bersama antara siswa dan guru.
         Panduan tertulis tentang tindakan hrs diberikan dan dipahami siswa. Dalam pelaksanaan tindakan hrs terlaksana unjuk kerja siswa sesuai panduan.
         Ketika tindakan berlangsung hrs ada pengamatan secara sitematis yang dilakukan oleh guru peneliti atau pihak lain yang dimintai bantuan.
         Karena ptk menekankan proses, maka hrs ada penelusuran proses dgn menggunakan pedoman pengamatan. Lembar pengamatan disertakan dalam laporan ptk
         Peneliti perlu mengevaluasi  adanya peningkatan hasil dari adanya tindakan, maka perlu adanya evaluasi terhadap hasil sebagai konsekuensi dari proses yang dicobakan dengan menggunakan instrumen yang relevan.
         Dalam mengolah angka , peneliti boleh menggunakan rumus rumus statistik untuk mengolahnya
         Keberhasilan tindakan dibahas dalam kegiatan refleksi, yaitu suatu perenungan bersama tentang pelaksanaan tindakan yang sudah dilaksanakan. Refleksi dilakukan olek siswa , guru dan pihak lain/ kolaborator.
          refleksi digunakan sebagai bahan penyempurnaan untuk menyusun rencana tindakan siklus berikutnya