Friday, August 8, 2014

Rambu Rambu Penulisan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK )

JUDUL PENELITIAN PTK

  • Ditulis secara singkat, spesifik dan jelas
  • Menggambarkan masalah yang akan diteliti
  • Menggambarkan tindakan penelitian yang dipilih untuk memecahkan masalah
  • Setting (tempat dan waktu)
  • Maksimal sebanyak 20 kata


BAB I
 PENDAHULUAN

A.     LATAR BELAKANG MASALAH


  • Masalah PTK yang diangkat:
    • Merupakan masalah nyata di kelas / sekolah, bukan hasil kajian teoretik dari buku
    • Dapat terinspirasi dari hasil penelitian terdahulu, tetapi  digali dari permasalahan pembelajaran yang aktual.
    • Masalah didiagnosis secara kolaboratif oleh dosen dan guru.
  • Masalah harus bersifat:
    • penting dan mendesak untuk dipecahkan,
    • dapat dilaksanakan (ketersediaan waktu, biaya dan daya dukung lainnya). 
  • Identifikasi masalah disertai data pendukung
  • Deskripsikan dan analisis penyebab timbulnya masalah secara komprehensif, sehingga ketemu akar masalahnya.

B.  RUMUSAN MASALAH DAN PEMECAHANNYA


  1. Rumusan masalah disusun:
l  Substansi bentuk rumusan PTK
lAda permasalahan yang akan diatasi
lAda alternatif tindakan yang akan diambil dan hasil
     positif yang diantisipasi
l  Bentuk rumusan menggunakan kalimat tanya,
     b. Pemecahan Masalah
lPemecahan masalah berisi:
lIdentifikasi alternatif tindakan
l  Sajian argumentasi logis terhadap pilihan tindakan atau deskripsi secara logis alternatif tindakan secara konseptual berdasarkan:
l  kesesuaiannya dengan masalah
l  penyebabnya
l  kemutakhirannya,
l  keberhasilannya dalam penelitian sejenis
l  Berdasarkan teori atau wawancara dengan ahli
l  Indikator keberhasilannya secara rasional dan terukur

    c. Buat definisi operasional dari variabel pokok penelitian



C. TUJUAN PENELITIAN
Dirumuskan secara singkat dan jelas tentang apa yang ingin diatasi atau dicapai berdasarkan permasalahan dan cara pemecahan masalah yang dikemukakan.
Contoh:
1.      Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan penggunaan metode matrik perbandingan
2.      Meningkatkan hasil belajar yang lebih bermakna baik aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa melalui penggunaan penggunaan metode matrik perbandingan

D. MANFAAT PENELITIAN
- Manfaat diuraikan secara jelas dan sistematis baik
- Kemukakan manfaat bagi siswa, guru, komponen pendidikan terkait di sekolah,.
1. Bagi siswa:
                              a.      Tumbuhnya motivasi siswa dalam proses pembelajaran
                              b.      Meningkatnya hasil belajar siswa baik aspek kognitif maupun afektif
                               c.      Meningkatnya ketrampilan sosial siswa dalam bergaul di lingkungan sosialnya 
                              d.      Meningkatnya keaktifan siswa dalam belajar

2. Bagi guru:
a.      mengetahui strategi pembelajaran yang bervariasi untuk memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran Pengetahuan sosial
b.      Diperolehnya strategi pembelajaran yang tepat untuk materi bahasan Negara maju dan Negara berkembang
c.       Diperolehnya media pembelajaran yang cocok untuk pembelajaran Kawasan Regional

2.            Bagi Sekolah:
                              a.      Meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pengetahuan Sosial
                              b.      Tumbuhnya motivasi guru dalam mengembangkan proses pembelajaran yang bermutu
                               c.      Tumbuhnya iklim  pembelajaran  siswa aktif di sekolah


BAB II
Kajian Teori dan Hipotesis Tindakan

  1. Deskripsikan kajian teori yang relevan dengan topik penelitian yang dilakukan , terutama variabel yang mau diatasi dan variabel digunakan untuk mengatasi
  2. Deskripsikan hasil penelitian terdahulu yang relevan dg topik yang diteliti
  3. Buat kerangka pemikiran yang menjelaskan keandalan tindakan untuk mengatasi masalah.
  4. Buat kerangka pemikiran diatas dalam bentuk gambar skema tindakan
  5. Tulislah Hipotesis tindakan.


BAB  III
Metode Penelitian

A.          Setting Penelitian
Deskripsikan Tempat, kondisi dan waktu penelitian dilakukan

B.           Subjek Penelitian
Deskripsikan Subjek penelitian secara lugas yang mencakup jumlah, jenis kelamin, cakupan, kondisi siswa.

C.           Siklus Penelitian
Jelaskan jumlah siklus, tindakan siklus I, siklus 2 dan seterusnya disertai dengan penjelasan

D.          Prosedur Penelitian
Prosedur Penelitian mencakup: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi serta analisis dan refleksi
a. Perencanaan Tindakan
    Deskripsikan tentang persiapan tindakan, kegiatannya
    mencakup :
-          penyusunan rencana tindakan (skenario pembelajaran)
-          penyusunan media
-          penyusunan materi
-          penyusunan instrumen
-          Simulasi rencana tindakan (skenario pembelajaran)
      
        b. Pelaksanaan tindakan
               Deskripsikan rencana pelaksanaan  tindakan dalam bentuk RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) serta jumlah pertemuaannya.

   c. Observasi tindakan
  Jelaskan data yang dikumpulkan dan teknik pengumpulan
  datanya(soal test, lembar observasi, kuesioner)

   d. Analisis dan Refleksi
  Deskripsikan teknik analisis yang digunakan serta bahan dan   prosedur refleksi yang  digunakan


BAB IV
HASIL PENELTIAN DAN PEMBAHASAN

     A. Kondisi Awal
     Deskripsikan fakta dari permasalahan atau kondisi variabel yang ada sebelum dilakukan penelitian, Misalnya: nilai tes rata-rata yang dicapai, aspek ketrampilan sosial yang ada, tingkat keberanian bertanya siswa, miskonsepsi, dan sejenisnya.

B.      Siklus I,
Untuk masing-masing siklus dapat disajikan urutan sebagai berikut:
  1. Rencana tindakan (deskripsikan skenario pembelajaran),
  2. Pelaksanaan tindakan (deskripsi hasil observasi proses pelaksanaan pembelajaran secara rinci dari dari awal sampai akhir setiap pertemuan)
  3. Hasil Tindakan   (sajikan /deskripsikan hasil analisis data dari observasi proses, hasil test, dan angket)
    1. Hasil Belajar siswa aspek kognitif
    2. Hasil Belajar siswa apek ketrampilan sosial (keberanian siswa dalam bertanya, berpendapat dan berargumentasi)
    3. Efektifitas cara pembelajaran menurut siswa
    dan seterusnya
  1. Refleksi ( Deskripsikan hasil analisis tindakan dan bandingkan dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan). Deskripsi ini merupakan sajian  analisis kritis  terhadap indikator kinerja VS hasil tindakan serta pengembangan konsep teoritis dan rencana tindak lanjut yang diperlukan.

C.     Siklus II (seperti siklus I)
D.     Siklus III ((seperti siklus I)
E.      ...........
F.      Pembahasan Antar Siklus
Catatan: PTK minimal dilakukan dalam dua siklus.




BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
a.       Simpulan :
     Merupakan jawaban terhadap perumusan masalah
b.      Saran :
Merupakan tindak lanjut dari hasil penelitian baik yang bersifat teoritis, praktis, maupun kebijakan.