JUDUL PENELITIAN PTK
- Ditulis secara singkat, spesifik dan jelas
- Menggambarkan masalah yang akan diteliti
- Menggambarkan tindakan penelitian yang dipilih untuk memecahkan masalah
- Setting (tempat dan waktu)
- Maksimal sebanyak 20 kata
BAB
I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
- Masalah PTK yang diangkat:
- Merupakan masalah nyata di kelas / sekolah, bukan hasil kajian teoretik dari buku
- Dapat terinspirasi dari hasil penelitian terdahulu, tetapi digali dari permasalahan pembelajaran yang aktual.
- Masalah didiagnosis secara kolaboratif oleh dosen dan guru.
- Masalah harus bersifat:
- penting dan mendesak untuk dipecahkan,
- dapat dilaksanakan (ketersediaan waktu, biaya dan daya dukung lainnya).
- Identifikasi masalah disertai data pendukung
- Deskripsikan dan analisis penyebab timbulnya masalah secara komprehensif, sehingga ketemu akar masalahnya.
B. RUMUSAN MASALAH DAN PEMECAHANNYA
- Rumusan masalah disusun:
l Substansi bentuk rumusan PTK
lAda permasalahan yang akan diatasi
lAda alternatif tindakan yang akan
diambil dan hasil
positif
yang diantisipasi
l Bentuk rumusan menggunakan kalimat tanya,
b. Pemecahan Masalah
lPemecahan masalah berisi:
lIdentifikasi alternatif tindakan
l
Sajian
argumentasi logis terhadap pilihan tindakan atau deskripsi secara logis alternatif tindakan secara
konseptual berdasarkan:
l
kesesuaiannya
dengan masalah
l
penyebabnya
l
kemutakhirannya,
l
keberhasilannya
dalam penelitian sejenis
l
Berdasarkan teori atau
wawancara dengan ahli
l
Indikator keberhasilannya
secara rasional dan terukur
c. Buat definisi operasional dari variabel
pokok penelitian
C. TUJUAN PENELITIAN
Dirumuskan secara singkat dan jelas tentang apa yang ingin diatasi atau
dicapai berdasarkan permasalahan dan cara pemecahan masalah yang
dikemukakan.
Contoh:
1. Meningkatkan motivasi belajar
siswa melalui penggunaan penggunaan metode matrik perbandingan
2. Meningkatkan hasil belajar yang
lebih bermakna baik aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa melalui
penggunaan penggunaan metode matrik perbandingan
D. MANFAAT PENELITIAN
- Manfaat diuraikan secara jelas dan
sistematis baik
- Kemukakan manfaat bagi siswa, guru, komponen pendidikan
terkait di sekolah,.
1. Bagi siswa:
a.
Tumbuhnya motivasi siswa dalam proses pembelajaran
b.
Meningkatnya hasil belajar siswa baik aspek kognitif maupun afektif
c.
Meningkatnya ketrampilan sosial siswa dalam bergaul di lingkungan
sosialnya
d.
Meningkatnya keaktifan siswa dalam belajar
2. Bagi guru:
a. mengetahui strategi pembelajaran
yang bervariasi untuk memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran Pengetahuan
sosial
b. Diperolehnya strategi
pembelajaran yang tepat untuk materi bahasan Negara maju dan Negara berkembang
c. Diperolehnya media pembelajaran
yang cocok untuk pembelajaran Kawasan Regional
2.
Bagi Sekolah:
a.
Meningkatnya hasil
belajar siswa dalam pembelajaran Pengetahuan Sosial
b.
Tumbuhnya motivasi guru
dalam mengembangkan proses pembelajaran yang bermutu
c.
Tumbuhnya iklim pembelajaran
siswa aktif di sekolah
BAB II
Kajian Teori dan
Hipotesis Tindakan
- Deskripsikan kajian teori yang relevan dengan topik penelitian yang dilakukan , terutama variabel yang mau diatasi dan variabel digunakan untuk mengatasi
- Deskripsikan hasil penelitian terdahulu yang relevan dg topik yang diteliti
- Buat kerangka pemikiran yang menjelaskan keandalan tindakan untuk mengatasi masalah.
- Buat kerangka pemikiran diatas dalam bentuk gambar skema tindakan
- Tulislah Hipotesis tindakan.
BAB III
Metode Penelitian
A.
Setting Penelitian
Deskripsikan Tempat, kondisi dan waktu
penelitian dilakukan
B.
Subjek Penelitian
Deskripsikan Subjek penelitian secara lugas
yang mencakup jumlah, jenis kelamin, cakupan, kondisi siswa.
C.
Siklus Penelitian
Jelaskan jumlah siklus, tindakan siklus I,
siklus 2 dan seterusnya disertai dengan penjelasan
D.
Prosedur Penelitian
Prosedur Penelitian mencakup: perencanaan
tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi serta analisis dan refleksi
a. Perencanaan Tindakan
Deskripsikan tentang persiapan tindakan, kegiatannya
mencakup :
-
penyusunan rencana tindakan (skenario
pembelajaran)
-
penyusunan media
-
penyusunan materi
-
penyusunan instrumen
-
Simulasi rencana tindakan (skenario pembelajaran)
b. Pelaksanaan tindakan
Deskripsikan rencana
pelaksanaan tindakan dalam bentuk RPP
(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) serta jumlah pertemuaannya.
c.
Observasi tindakan
Jelaskan
data yang dikumpulkan dan teknik pengumpulan
datanya(soal test, lembar observasi, kuesioner)
d.
Analisis dan Refleksi
Deskripsikan teknik analisis yang digunakan serta bahan dan prosedur refleksi yang digunakan
BAB IV
HASIL PENELTIAN DAN PEMBAHASAN
A. Kondisi Awal
Deskripsikan fakta dari permasalahan atau
kondisi variabel yang ada sebelum dilakukan penelitian, Misalnya: nilai tes
rata-rata yang dicapai, aspek ketrampilan sosial yang ada, tingkat keberanian
bertanya siswa, miskonsepsi, dan sejenisnya.
B. Siklus I,
Untuk masing-masing siklus dapat disajikan urutan sebagai berikut:
- Rencana tindakan (deskripsikan skenario pembelajaran),
- Pelaksanaan tindakan (deskripsi hasil observasi proses pelaksanaan pembelajaran secara rinci dari dari awal sampai akhir setiap pertemuan)
- Hasil Tindakan (sajikan /deskripsikan hasil analisis data dari observasi proses, hasil test, dan angket)
- Hasil Belajar siswa aspek kognitif
- Hasil Belajar siswa apek ketrampilan sosial (keberanian siswa dalam bertanya, berpendapat dan berargumentasi)
- Efektifitas cara pembelajaran menurut siswa
dan
seterusnya
- Refleksi ( Deskripsikan hasil analisis tindakan dan bandingkan dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan). Deskripsi ini merupakan sajian analisis kritis terhadap indikator kinerja VS hasil tindakan serta pengembangan konsep teoritis dan rencana tindak lanjut yang diperlukan.
C. Siklus II (seperti siklus I)
D. Siklus III ((seperti siklus I)
E.
...........
F.
Pembahasan Antar Siklus
Catatan: PTK minimal dilakukan
dalam dua siklus.
BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
a. Simpulan :
Merupakan jawaban terhadap perumusan masalah
b. Saran :
Merupakan tindak lanjut dari hasil penelitian
baik yang bersifat teoritis, praktis, maupun kebijakan.