Tuesday, October 4, 2016

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Penelitian  tindakan  merupakan  intervensi   praktik  dunia  nyata  yang ditujukan  untuk  meningkatkan  situasi  praktis  (Suwarsih  Madya,  2007).
Penelitian Tindakan (PT) adalah penelitian yang dilakukan secara kolaboratif oleh  partisipan  dalam  ilmu  sosial  dan  pendidikan  untuk  memperbaiki pemahaman  dari  pelaksanaan  pekerjaannya  sendiri,  serta  kondisi  dan  juga membawa dampak pada lingkungan di sekitarnya (Badrun KW, 2001).
Penelitian tindakan yang dilakukan oleh guru di kelas yang ditujukan untuk meningkatkan situasi pembelajaran disebut Penelitian Tindakan Kelas, sering disingkat  dengan  PTK.  PTK  dilaksanakan  untuk  mengubah  perilaku pengajaran  guru,  perilaku  murid-murid  di  kelas,  dan/atau  mengubah kerangka  kerja  melaksanakan  pembelajaran  kelas.  PTK  penting  dilakukan untuk  meningkatkan  kualitas  pembelajaran  sekaligus  ketrampilan profesioanal guru (Wiraatmaja, 2005: 42).
PTK  merupakan  salah  cara  inovasi  guru  dalam  menyelesaikan  masalahmasalah  pembelajaran  secara  cermat  dan  terkendali.  PTK  akan  memberi berbagai  dampak  positif  berupa  meningkatnya  kemampuan  guru  dalam menyelesaikan  masalah  pembelajaran  dan  meningkatnya  kualitas  masukan, proses,  dan  hasil  belajar  sebagai  dampak  meningkatnya  kemampuan penyelesaian masalah pembelajaran.
PTK  merupakan  jenis  penelitian  kualitatif-deskriptif  yang  melibatkan  guru sebagai  pengajar  sekaligus  sebagai  peneliti  dengan  menitik  beratkan  pada penyelesaian  permasalahan  pembelajaran  yang  dialami  guru  sehari-hari  di sekolah.  Akhir-akhir  ini  PTK  semakin  mendapat  perhatian  para  pakar  dan praktisi  pendidikan  baik  di  negara  maju  maupun  negara  berkembang.  Jenis penelitian ini telah dirasakan mampu menawarkan pendekatan dan prosedur baru  yang  lebih  berdampak  langsung  dalam  bentuk  perbaikan  dan peningkatan profesionalisme guru dalam pengelolaan pembelajaran di kelas atau peningkatan berbagai program sekolah.
PTK  bukan  termasuk  jenis  penelitian  baru.  Penelitian  ini  sudah  mulai berkembang  sejak  perang  dunia  kedua,  dengan  demikian,  definisi  yang berkembang  sampai  saat  ini  sangat  variatif.  Berikut  ini  beberapa  definisi yang dicetuskan oleh para ahli:
a.  The  First  International  Handbook  of  Action  Research  for  Indonesian Educators  (Basrowi  &  Suwandi,  2008):  Penelitian  Tindikan  Kelas  adalah bentuk  partisipasi,  kolaborasi  terhadap  penelitian  tentang  pendidikan yang  dilakukan  di  sekolah  dan  di  ruang  kelas  oleh  sekelompok  guru,
kepala  sekolah,  dan  karyawan  yang  bertindak  sebagai  fasilitator,  dalam rangka  memperoleh pandangan  dan  pemahaman  baru  tetang  belajar mengajar untuk peningkatan sekolah secara menyeluruh.
b.  Ebbuts  (dalam  Basrowi  &  Suwandi,  2008):  Penelitian  Tindakan  Kelas merupakan  studi  yang sitematis  yang  dilakukan  dalam  upaya memperbaiki  praktik-praktik  dalam  pendidikan  dengan melakukan tindakan-tindakan praktis serta refleksi dari tindakan tersebut.
c.  Kemmis  &  McTaggart  (1992):  Penelitian  Tindakan  Kelas  merupakan suatu  proses  yang  dinamis  dimana  keempat  aspek  (perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi) harus dipahami bukan sebagai langkah langkah  statis,  terselesaikan  dengan  sendirinya,  tetapi  lebih  merupakan momen-momen  dalam  bentuk  spiral  yang  menyangkut  perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.

Berdasarkan  beberapa  pendapat  di  atas  dapat  ditarik  suatu  definisi operasional  dari  Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK),  yakni  sebagai  suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan tertentu untuk memperbaiki atau  meningkatkan  kualitas  praktek pembelajaran. Dari definisi tersebut dapat dijelaskan bahwa kegitan ini merupakan suatu bentuk penelitian,  yang  harus  mengikuti  prosedur  ilmiah  dalam  perencanaan, pelaksanaan dan analisisnya. Permasalahan yang dikaji adalah permasalahan guru  itu  sendiri  melalui  hasil  refleksi  dan  tujuan  akhir  dari  penelitian  ini adalah untuk memperbaiki kualitas praktik pembelajaran di kelas.
Metodologi  dalam  Penelitian  Tindakan  Kelas  bersifat  (a)  inovatif,  yaitu penerapan  dan/atau  penemuan  model,  metode,  strategi,  teknik,  sarana pembelajaran,  sistem  penilaian  yang  lebih  baik  untuk  menyelesaikan masalah   pembelajaran;  (b)  kolaboratif,  yaitu  melibatkan  teman  sejawat atau dosen dari perencanaan sampai penyusunan laporan; (c)  reflektif, yaitu refleksi  terhadap  proses  dan  hasil pembelajaran  secara  terus  menerus;  dan
(d)  siklusistis,  yaitu  mengikuti  daur  yang  berulang  sampai  permasalahan pembelajaran dapat teratasi secara baik.