1.
Data
Nilai
Nilai
perolehan siswa dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan
kualitatif dengan membandingkan antar
siklus termasuk pra tindakan. Data yang
diperoleh diolah dengan cara :
- Menghitung
jumlah peserta didik yang tuntas
belajar, yaitu peserta didik dengan nilai ≥ 70 berjumlah 85 % .
- Menghitung
nilai rata-rata kelas.
∑ siswa yang mendapatkan nilai ≥ 70Prosentase Ketuntasan Kelas = --------------------------------------------- X 100 %∑ siswa keseluruhan
Kriteria
yang digunakan untuk menentukan kreativitas individu adalah menggunakan prosentase rata-rata seluruh aspek yang diamati dengan
menggunakan rumus sebagai berikut;
∑ total prosentase seluruh aspek pengamatan
Prosentase rata-rata = ----------------------------------------------------
∑ aspek pengamatan
|
Hasil persentase ditafsirkan
dengan berpedoman pada klasifikasi
sebagai berikut: 0 % - 25% sangat
rendah, 26% - 50% rendah, 51% - 79% sedang dan 80% - 100%
tinggi
Data
hasil observasi kreativitas kelompok
Hasil persentase ditafsirkan
dengan berpedoman pada klasifikasi
sebagai berikut: 0 % - 25% sangat
rendah, 26% - 50% rendah, 51% - 79% sedang dan 80% - 100%
tinggi
3.
Data
hasil observasi kreativitas kelompok
Kriteria
yang digunakan untuk menentukan kreativitas kelompok adalah menggunakan
prosentase rata-rata seluruh aspek yang diamati dengan menggunakan rumus
sebagai berikut;
∑ total prosentase seluruh aspek pengamatan
Prosentase rata-rata = ------------------------------------------------
∑ aspek pengamatan
|
Hasil persentase
ditafsirkan dengan berpedoman pada
klasifikasi sebagai berikut: 0% -
30% sangat rendah, 31% - 55%
rendah, 56% - 84% sedang dan
85% - 100% tinggi.
4. Data
nilai tugas individu
Kriteria
yang digunakan untuk menentukan nilai tugas individu adalah menggunakan nilai
rata-rata seluruh siswa dengan menggunakan rumus sebagai berikut;
∑ Nilai seluruh
siswa
Nilai
rata-rata = ------------------------------
∑ siswa
|
Hasil nilai rata-rata
ditafsirkan dengan berpedoman pada
klasifikasi sebagai berikut: nilai
rata-rata 0 - 25 sangat rendah, 26 - 50
rendah, 51 - 79 sedang dan
80 - 100 tinggi.
5. Data
nilai tugas kelompok
Kriteria
yang digunakan untuk menentukan nilai tugas kelompok adalah menggunakan nilai
rata-rata kelompok dengan menggunakan rumus sebagai berikut;
∑ Nilai seluruh kelompok
Nilai rata-rata = ------------------------------
∑ kelompok
|
Hasil nilai
rata-rata ditafsirkan dengan berpedoman pada
klasifikasi sebagai berikut:
nilai rata-rata 0 - 25 sangat
rendah, 26 - 50 rendah,
51 - 79 sedang dan 80 - 100 tinggi.
6. Data
hasil observasi kegiatan pembelajaran
yang dilakukan oleh guru.
Kriteria
yang dipergunakan untuk menilai persiapan, pelaksanaan dan penampilan mengajar
guru dalam melaksanakan proses pembelajaran adalah prosentase dengan menggunakan rumus sebagai berikut:
∑ aspek pengamatan yang dilaksanakan
Prosentase = -----------------------------------------------------
X 100 %
∑
aspek pengamatan
|
Hasil prosentase ditafsirkan
dengan berpedoman pada klasifikasi
sebagai berikut: 0% - 25%
sangat kurang , 26%- 50% kurang
baik , 51% - 70% cukup baik, 71% - 84%
baik dan 85% - 100%,
sangat baik
Setelah data terkumpul,
penulis menganalisis data menggunakan
analisis deskriptif dengan cara sebagai berikut:
- Membandingkan kreativitas siswa pada kondisi awal dengan kreativitas siswa pada siklus I dan dibandingkan dengan hasil kreativitas siswa pada siklus II serta dilanjutkan dengan refleksi.
- Membandingkan hasil belajar siswa pada kondisi awal dengan hasil belajar siswa pada siklus I dan dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada siklus II serta dilanjutkan dengan refleksi