Sunday, December 9, 2012

Contoh Analisis Data Hasil Belajar


1.           Data Nilai
Nilai perolehan siswa dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan kualitatif dengan membandingkan  antar siklus termasuk  pra tindakan. Data yang diperoleh diolah dengan cara :
  1. Menghitung jumlah peserta didik  yang tuntas belajar, yaitu  peserta didik  dengan nilai ≥ 70 berjumlah  85 % .
  2. Menghitung nilai rata-rata kelas.
  3.                                                                                  
                                          ∑ siswa yang mendapatkan nilai ≥ 70
      Prosentase Ketuntasan Kelas = ---------------------------------------------  X 100 %                 
                                                            ∑ siswa keseluruhan


    Menghitung prosentase ketuntasan, dengan rumus:




2.           Data hasil kreativitas  individu
Kriteria yang digunakan untuk menentukan kreativitas individu adalah menggunakan prosentase rata-rata seluruh aspek yang diamati dengan menggunakan rumus sebagai berikut;


                                  ∑  total prosentase seluruh aspek pengamatan
Prosentase rata-rata =  ---------------------------------------------------- 
                                                   ∑  aspek pengamatan

Hasil persentase ditafsirkan dengan berpedoman pada  klasifikasi sebagai berikut: 0 % - 25%  sangat rendah,  26% - 50%  rendah, 51% - 79% sedang dan  80% - 100%  tinggi
 Data hasil observasi  kreativitas kelompok
Hasil persentase ditafsirkan dengan berpedoman pada  klasifikasi sebagai berikut: 0 % - 25%  sangat rendah,  26% - 50%  rendah, 51% - 79% sedang dan  80% - 100%  tinggi
3.           Data hasil observasi  kreativitas kelompok
Kriteria yang digunakan untuk menentukan kreativitas kelompok adalah menggunakan prosentase rata-rata seluruh aspek yang diamati dengan menggunakan rumus sebagai berikut;

                                                ∑  total prosentase seluruh aspek pengamatan
Prosentase rata-rata =  ------------------------------------------------ 
                                                   ∑  aspek pengamatan

Hasil persentase ditafsirkan dengan berpedoman pada  klasifikasi sebagai berikut:  0% - 30%    sangat rendah,  31% - 55%  rendah,  56% - 84%   sedang dan  85% - 100%  tinggi.

 4.  Data nilai tugas individu
Kriteria yang digunakan untuk menentukan nilai tugas individu adalah menggunakan nilai rata-rata seluruh siswa dengan menggunakan rumus sebagai berikut;

                     ∑ Nilai seluruh siswa
Nilai rata-rata  = ------------------------------ 
                               ∑  siswa
 
Hasil nilai rata-rata ditafsirkan dengan berpedoman pada  klasifikasi sebagai berikut:  nilai rata-rata 0 - 25    sangat rendah,  26 - 50  rendah,  51 - 79   sedang dan  80 - 100  tinggi.

 5.  Data nilai tugas kelompok
Kriteria yang digunakan untuk menentukan nilai tugas kelompok adalah menggunakan nilai rata-rata kelompok dengan menggunakan rumus sebagai berikut;

                            
                             ∑ Nilai seluruh kelompok
           Nilai rata-rata =  ------------------------------ 
                                     ∑  kelompok
 
Hasil nilai rata-rata ditafsirkan dengan berpedoman pada  klasifikasi sebagai berikut:  nilai rata-rata 0 - 25    sangat rendah,  26 - 50  rendah,  51 - 79 sedang dan  80 - 100  tinggi.

6.    Data hasil observasi kegiatan pembelajaran  yang  dilakukan oleh guru.
Kriteria yang dipergunakan untuk menilai persiapan, pelaksanaan dan penampilan mengajar guru dalam melaksanakan proses pembelajaran adalah prosentase  dengan menggunakan rumus sebagai berikut:

                 ∑  aspek pengamatan yang dilaksanakan
Prosentase = ----------------------------------------------------- X 100 %
                          ∑  aspek pengamatan
 
Hasil prosentase ditafsirkan dengan berpedoman pada  klasifikasi sebagai berikut: 0%  -  25%   sangat kurang , 26%- 50%   kurang baik , 51% - 70%   cukup baik,  71% - 84%  baik  dan  85% - 100%,  sangat baik
Setelah data terkumpul, penulis  menganalisis data menggunakan analisis deskriptif dengan cara sebagai berikut:
  1. Membandingkan  kreativitas siswa pada kondisi awal dengan kreativitas siswa pada siklus I dan dibandingkan dengan hasil kreativitas siswa pada siklus II serta dilanjutkan dengan refleksi.
  2. Membandingkan  hasil belajar siswa pada kondisi awal dengan hasil belajar siswa pada siklus I dan dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada siklus II serta dilanjutkan dengan refleksi