Hasil pengukuran minat belajar di olah dengan menggunakan
sistem penskoran skala Likert yang
dimodifikasi dengan hanya menggunakan
4 (empat) pilihan, agar jelas sikap atau minat responden. Untuk menafsirkan
hasil pengukuran digunakan kriteria sebagai berikut :
Skor untuk butir pertanyaan/pernyataan yang
sifatnya positif:
Sangat setuju - Setuju - Tidak setuju - Sangat tidak setuju.
(4) (3) (2) (1)
Sebaliknya untuk pertanyaan/pernyataan yang
bersifat negatif
Sangat setuju - Setuju - Tidak setuju - Sangat tidak setuju.
(1) (2) (3) (4)
Skor tertinggi untuk
instrumen tersebut adalah 15 butir x 4 = 60, dan skor terendah 15 butir x 1 = 15.
Skor ini dikualifikasikan menjadi empat
kategori sikap atau minat, yaitu sangat tinggi (sangat baik), tinggi (baik),
rendah (kurang), dan sangat rendah (sangat kurang). Berdasarkan kategori ini
dapat ditentukan minat individu siswa. Selanjutnya dapat dicari minat kelas
terhadap mata pelajaran Matematika
Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah
sederhana. Penentuan kategori hasil pengukuran sikap atau minat dapat dilihat pada
tabel berikut.
Tabel 2.
Kategorisasi
minat siswa untuk 15 butir pernyataan, dengan rentang skor 15 – 60.
No.
|
Skor siswa
|
Kategori Sikap atau Minat
|
1.
|
Lebih besar dari 48
|
Sangat
tinggi/Sangat baik
|
2.
|
42 sampai
47
|
Tinggi/Baik
|
3.
|
30 sampai
41
|
Rendah/Kurang
|
4.
|
Kurang
dari 30
|
Sangat
rendah/Sangat kurang
|
Keterangan
Tabel 2:
a.
Skor batas bawah kategori
sangat tinggi atau sangat baik adalah :
0,80 x 60 = 48, dan batas atasnya 60.
b.
Skor batas bawah pada kategori
tinggi atau baik adalah:
0,70 x 60 = 42, dan
skor batas atasnya adalah 47.
c.
Skor batas bawah pada kategori
rendah atau kurang adalah:
0,50 x 60 = 30, dan
skor batas atasnya adalah 41.
d.
Skor yang tergolong pada
kategori sangat rendah atau sangat kurang adalah kurang dari 30.
Tabel 3
Kategorisasi minat
kelas
No.
|
Skor rata-rata kelas
|
Kategori Sikap atau Minat
|
1.
|
Lebih besar dari 48
|
Sangat tinggi/Sangat baik
|
2.
|
42 sampai 47
|
Tinggi/Baik
|
3.
|
30 sampai 41
|
Rendah/Kurang
|
4.
|
Kurang dari 30
|
Sangat rendah/Sangat kurang
|
Keterangan
Tabel 3:
a.
Rata-rata
skor kelas: jumlah skor semua siswa dibagi jumlah siswa di kelas ybs.
b.
Skor
batas bawah kategori sangat tinggi atau sangat baik adalah:
0,80 x 60 = 48, dan batas
atasnya 60.
c.
Skor
batas bawah pada kategori tinggi atau baik adalah:
0,70 x 60 = 42, dan skor batas atasnya adalah 47.
d.
Skor
batas bawah pada kategori rendah atau kurang adalah:
0,50 x 60 = 30, dan skor batas atasnya adalah 41.
e.
Skor
yang tergolong pada kategori sangat rendah atau sangat kurang adalah kurang
dari 30.