Tuesday, May 21, 2013

Metode Mengajar


Metode secara harfiah berarti”cara”. Dalam pemakaian yang umum, metode diartikan sebagai cara melakukan suatu kegiatan atau cara melakukan pekerjaan dengan menggunakan konsep-konsep secara sistimatis
Sedangkan yang dimaksud dengan metode mengajar adalah cara yang berisi prosedur baku untuk melaksanakan kegiatan pendidikan, khususnya kegiatan penyajian materi pelajaran kepada siswa .

Mengajar secara efektif sangat bergantung pada pemilihan dan penggunaan metode mengajar yang serasi dengan tujuan mengajar.Sehu bungan dengan itu metode mengajar adalah suatu pengetahuan tentang cara –cara mengajar yang dipergunakan atau ditetapkan oleh guru dengan memperhatikan tujuan dan bahan. Dalam menentukan metode terletak pada keefektifan proses belajar mengajar serta tehnik penyajian yang dikuasai guru untuk mengajar bahan pelajaran kepada siswa dalam kelas, baik secara individu maupun secara kelompok/klasikal agar pelajaran itu dapat diserap, dipahami dan dimanfaatkan siswa dengan baik. Makin baik metode mengajar makin baik pula pencapaian tujuan.
Metode mengajar yang diterapkan dalam suatu pengajaran dikatakan  efektif jika menghasilkan sesuatu sesuai dengan yang diharapkan atau dengan kata lain tujuan tercapai, bila makin tinggi kekuatannya untuk menghasilkan sesuatu makin efektif metode tersebut. Setiap metode mempunyai keunggulan dan kelemahan dibandingkan dengan yang lain. Tak ada satu metodepun yg dianggap ampuh untuk segala situasi. Suatu metode dianggap ampuh untuk segala situasi tetepi belum tentu ampuh untuk situasi yang lain. Seringkali terjadi pengajaran dilakukan dengan menggunakan berbagai metode secara bervariasi.
Menurut Djamarah (1995:83) seorang guru harus memahami kedudukan metode sebagai alat motivasi eksintrik dalam kegiatan belajar mengajar atau motif-motif yang aktif dan fungsinya karena adanya peransang dari luar. Karena itu metode berfungsi sebagai alat peransang dari luar yang dapat membangkitkan belajar seseorang.