Tuesday, May 21, 2013

Pembelajaran Kooperative


Pembelajaran kooperatif adalah suatu pengajaran yang melibatkan siswa untuk bekerja dalam kelompok – kelompok untuk menetapkan tujuan bersama. Memusatkan aktivitas di kelas pada siswa dengan cara penegelompokkan siswa untuk bekerjasama dalam proses pembelajaran.
            Berdasarkan pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif adalah suatu metode pembelajaran dengan cara mengelompokkan siswa kedalam kelompok – kelompok kecil untuk bekerja sama dalam memecahkan masalah. Kemampuan siswa dalam setiap kelompok adalah heterogen.

            Dalam pembelajaran kooperatif siswa tidak hanya sebagai objek belajar tetapi menjadi subjek belajar karena mereka dapat berinteraksi secara maksimal dalam proses pembelajaran. Hal ini terjadi karena pembelajaran kooperatif merupakan metode alternatif dalam mendekati permasalahan, mampu mengerjakan tugas besar, meningkatkan keterampilan komunikasi dan sosial, serta perolehan kepercayaan diri.
            Dalam pembelajaran ini siswa saling mendorong untuk belajar, saling memperkuat upaya – upaya akademik dan menerapkan norma yang menunjang pencapaian hasil belajar yang tinggi. (Nur,Muhammad 1996:4). Dalam pembelajaran kooperatif lebih mengutamakan sikap sosial untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu dengan kerja sama.
            Unsur-unsur dalam pembelajaran kooperatif adalah sebagai berikut: Lungdren, 1994 ( Dalam Ratumanan 2004 :31 )
a.    Para siswa harus memiliki persepsi bahwa mereka tenggelam atau berenang bersama
b.    Para siswa harus memiliki tanggungjawab terhadap kelompoknya sendiri selain terhadap dirinya sendiri dalam mempelajri materi yang dihadapai
c.     Para siswa harus berpandangan bahwa mereka semua memiliki pandangan yang sama.
d.    Para siswa membagi tugas dan berbagi tanggungjawab diantara para anggota kelompoknya.
e.     Para siswa berbagi kepemimpinan sementara mereka memperoleh keterampilan bekerjasama selama belajar.
f.     Para siswa akan diminta mempertanggungjawabkan secara individual materi yang ditangani dalam kelopmpok.
Menurut Kuchak dan Egge ( dalam Ratumanan, 2004 : 129 ), belajar kooperatif merupakan suatu kumpulan strategi mengajar yang digunakan siswa untuk membantu satu dengan yang lain dalam mempelajari sesuatu.
Berikut adalah tabel sintaks pembelajaran kooperatif Arends(www.puskur.net/inc/mdl/011)
Fase
Kegiatan Guru
Fase 1
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
Guru menyampaikan semua tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotifasi siswa belajar.
Fase 2
Menyajikan informasi

Guru menyajikan informasi kepada siswa baik dengan peragaan taau tes
Fase 3
Mengorganisasikan siswa kedalam kelompok-kelompok belajar

Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan perubahan yang efisisen
Fase 4
Membantu kerja kelompok belajar
Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas
Fase 5
Mengetes materi
Guru mengetes materi pelajaran atau kelompok menyajikan hasil-hasil pekerjaan mereka.
Fase 6
Memberikan penghargaan
Guru memberikan cara-cara menghargai hasil belajar individu dan kelompok.