Pembelajaran kooperatif adalah suatu pengajaran yang melibatkan siswa untuk
bekerja dalam kelompok – kelompok untuk menetapkan tujuan bersama. Memusatkan
aktivitas di kelas pada siswa dengan cara penegelompokkan siswa untuk
bekerjasama dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan pengertian diatas dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif adalah suatu metode pembelajaran
dengan cara mengelompokkan siswa kedalam kelompok – kelompok kecil untuk
bekerja sama dalam memecahkan masalah. Kemampuan siswa dalam setiap kelompok
adalah heterogen.
Dalam pembelajaran kooperatif siswa
tidak hanya sebagai objek belajar tetapi menjadi subjek belajar karena mereka
dapat berinteraksi secara maksimal dalam proses pembelajaran. Hal ini terjadi
karena pembelajaran kooperatif merupakan metode alternatif dalam mendekati
permasalahan, mampu mengerjakan tugas besar, meningkatkan keterampilan
komunikasi dan sosial, serta perolehan kepercayaan diri.
Dalam pembelajaran ini siswa saling
mendorong untuk belajar, saling memperkuat upaya – upaya akademik dan
menerapkan norma yang menunjang pencapaian hasil belajar yang tinggi.
(Nur,Muhammad 1996:4). Dalam pembelajaran kooperatif lebih mengutamakan sikap
sosial untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu dengan kerja sama.
Unsur-unsur dalam pembelajaran
kooperatif adalah sebagai berikut: Lungdren, 1994 ( Dalam Ratumanan 2004 :31 )
a. Para siswa harus memiliki persepsi bahwa
mereka tenggelam atau berenang bersama
b. Para siswa harus memiliki tanggungjawab
terhadap kelompoknya sendiri selain terhadap dirinya sendiri dalam mempelajri
materi yang dihadapai
c. Para siswa harus berpandangan bahwa mereka
semua memiliki pandangan yang sama.
d. Para siswa membagi tugas dan berbagi
tanggungjawab diantara para anggota kelompoknya.
e. Para siswa berbagi kepemimpinan sementara
mereka memperoleh keterampilan bekerjasama selama belajar.
f. Para siswa akan diminta
mempertanggungjawabkan secara individual materi yang ditangani dalam kelopmpok.
Menurut
Kuchak dan Egge ( dalam Ratumanan, 2004 : 129 ), belajar kooperatif merupakan
suatu kumpulan strategi mengajar yang digunakan siswa untuk membantu satu
dengan yang lain dalam mempelajari sesuatu.
Berikut
adalah tabel sintaks pembelajaran kooperatif Arends(www.puskur.net/inc/mdl/011)
Fase
|
Kegiatan Guru
|
Fase 1
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
|
Guru menyampaikan semua tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotifasi siswa belajar.
|
Fase 2
Menyajikan informasi
|
Guru menyajikan informasi kepada siswa baik
dengan peragaan taau tes
|
Fase 3
Mengorganisasikan siswa kedalam
kelompok-kelompok belajar
|
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya
membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan
perubahan yang efisisen
|
Fase 4
Membantu kerja kelompok belajar
|
Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada
saat mereka mengerjakan tugas
|
Fase 5
Mengetes materi
|
Guru mengetes materi pelajaran atau kelompok
menyajikan hasil-hasil pekerjaan mereka.
|
Fase 6
Memberikan penghargaan
|
Guru memberikan cara-cara menghargai hasil
belajar individu dan kelompok.
|