Tuesday, May 21, 2013

Pengertian Motivasi


Motivasi ( motivation ) berasal dari bahasa latin “ movere”   yang artinya To move atau menggerakkan. Kata motivasi sering terkait dengan istilah motif yang artinya sebagai daya dorong seseorang untuk melakukan sesuatu, terutama apabila kebutuhan untuk mencapai tujuan sangat dieasakan atau mendesak ( Sardiman, 2001 )
            Motivasi adalah  suatu dorongan kehendak yang menyebabkan seseorang melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam belajar, tingkat ketekunan siswa sangat ditentukan oleh adanya motif dan kuat lemahnya motivasi belajar yang ditimbulkan motif tersebut.

           Motivasi berpengaruh penting dalam pembelajaran, pengaruhnya yaitu (a) Motivasi memberi semangat sehingga siswa menjadi aktif, sibuk dan tertarik. (b) Motivasi menopang upaya dan mempertahankan agar belajar belajar siswa tetap berlangsung. (c) Motivasi mengarahkan dan mengendalikan tujuan siswa sehingga mampu melengkapi tugas belajar dan berhasil mencapai tujuan yang diinginkan. (d) Motivasi bersifat selektif sehingga siswa dapat menentukan kegiatan apa yang akan dilakukan dan bagaimana tugas-tugas belajar akan dilakukan. Dengan demikian motivasi berfungsi sebagai penentu prioritas untuk keberhasilan siswa dalam belajar ( Sardiman 2001 )