Metode
adalah cara kerja yang teratur dan bersistem untuk dapat melaksanakan suatu
kegiatan dengan mudah guna mencapai maksud yg ditentukan; ;(Dedy Sugono, 2008:1022)
Di
dalam proses belajar mengajar tercakup komponen, pendekatan, dan berbagai
metode pengajaran yang dikembangkan dalam proses tersebut.
Tujuan utama diselenggarakannya proses belajar adalah demi tercapainya tujuan
pembelajaran. Dan tujuan tersebut
utamanya adalah keberhasilan siswa dalam
belajar dalam rangka pendidikan baik dalam suatu mata pelajaran maupun pendidikan pada umumnya. Jika guru terlibat
di dalamnya dengan segala macam metode
yang dikembangkannya maka yang berperan sebagai pengajar berfungsi sebagai pemimpin
belajar atau fasilitator belajar, sedangkan siswa berperan sebagai
pelajar atau individu yang belajar. Usaha-usaha guru dalam proses tersebut utamanya
adalah membelajarkan siswa agar tujuan khusus maupun umum proses belajar itu tercapai(AL Krismanto, 2003:2).
Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk
mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis
untuk mencapai tujuan pembelajaran. Terdapat beberapa metode pembelajaran yang
dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran, diantaranya:
ceramah; demonstrasi; diskusi; simulasi; laboratorium; pengalaman lapangan;
brainstorming; debat, simposium, dan sebagainya(Akhmad Sudrajat,2008:16)