Friday, April 25, 2014

Cara Menilai Portofolio



Untuk menilai portofolio harus lebih dulu tersedia rubrik (pedoman terperinci) penilaian.  Penilaian portofolio hendaknya tidak hanya ditekankan kepada keberhasilan siswa dalam memperoleh jawaban yang diinginkan oleh guru, tetapi lebih ditekankan kepada proses berpikir siswa yang terdapat atau tersirat dalam isi portofolio.  Salah satu cara penilaian portofolio, atau pembuatan rubrik, adalah cara dengan menggunakan kriteria berikut.

1.    Bukti terjadinya proses berpikir.
·         Apakah siswa telah menyusun dengan rapi satuan-satuan isi portofolio dan data dalam setiap satuan itu?

·         Apakah siswa telah berusaha membuat dugaan, menjelajah, menganalisis, mencari pola, dsb?
·         Apakah siswa telah menggunakan materi konkret atau gambar untuk menafsirkan dan memecahkan masalah, atau untuk memperoleh hasil penyelidikannya?
·         Apakah siswa telah menggunakan alat bantu lain dalam pemecahan masalah atau penyelidikannya?

2.    Mutu kegiatan atau penyelidikan
·         Apakah kegiatan atau penyelidikan oleh siswa yang dilaporkan dalam portofolio meningkatkan pengetahuan atau pemahaman siswa tentang konsep aatau kaidah tertentu?
·         Apakah kegiatan membuat portofolio meningkatkan keterampilan siswa dalam menggunakan konsep, cara, atau kaidah tertentu?
·         Apakah kegiatan membuat portofolio meningkatkan sikap siswa terhadap pelajaran yang bersangkutan?
·         Apakah kegiatan atau penyelidikan itu melibatkan beberapa subpokok bahasan?

3.    Keragaman pendekatan
·         Apakah ada petunjuk yang kuat atau bukti bahwa siswa menggunakan berbagai pendekatan dalam memecahkan masalah?
·         Apakah ada petunjuk yang kuat atau bukti bahwa siswa melakukan berbagai macam kegiatan atau penyelidikan?