Untuk menilai portofolio harus lebih dulu tersedia rubrik (pedoman terperinci)
penilaian. Penilaian portofolio
hendaknya tidak hanya ditekankan kepada keberhasilan siswa dalam memperoleh
jawaban yang diinginkan oleh guru, tetapi lebih ditekankan kepada proses
berpikir siswa yang terdapat atau tersirat dalam isi portofolio. Salah satu cara penilaian portofolio, atau
pembuatan rubrik, adalah cara dengan menggunakan kriteria berikut.
1. Bukti
terjadinya proses berpikir.
·
Apakah
siswa telah menyusun dengan rapi satuan-satuan isi portofolio dan data dalam
setiap satuan itu?
·
Apakah
siswa telah berusaha membuat dugaan, menjelajah, menganalisis, mencari pola,
dsb?
·
Apakah
siswa telah menggunakan materi konkret atau gambar untuk menafsirkan dan
memecahkan masalah, atau untuk memperoleh hasil penyelidikannya?
·
Apakah
siswa telah menggunakan alat bantu lain dalam pemecahan masalah atau
penyelidikannya?
2. Mutu
kegiatan atau penyelidikan
·
Apakah
kegiatan atau penyelidikan oleh siswa yang dilaporkan dalam portofolio
meningkatkan pengetahuan atau pemahaman siswa tentang konsep aatau kaidah
tertentu?
·
Apakah
kegiatan membuat portofolio meningkatkan keterampilan siswa dalam menggunakan
konsep, cara, atau kaidah tertentu?
·
Apakah
kegiatan membuat portofolio meningkatkan sikap siswa terhadap pelajaran yang
bersangkutan?
·
Apakah
kegiatan atau penyelidikan itu melibatkan beberapa subpokok bahasan?
3. Keragaman
pendekatan
·
Apakah
ada petunjuk yang kuat atau bukti bahwa siswa menggunakan berbagai pendekatan
dalam memecahkan masalah?
·
Apakah
ada petunjuk yang kuat atau bukti bahwa siswa melakukan berbagai macam kegiatan
atau penyelidikan?