Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan
isi portofolio, misalnya: siapa yang memilih, bagaimana memilih, bagaimana
melibatkan siswa, bagaimana peranan guru, bagaimana kriteria eksternal, kapan
harus dipilih, apa yang perlu dilakukan oleh guru terhadap setiap isi.
Siapa yang memilih?
Pihak yang memilih ditentukan oleh tujuan. Apabila tujuan portofolio lebih pada
pemberian kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan belajarnya, maka siswa
harus diberi kesempatan juga untuk ikut memilih
calon isi portofolio. Akan tetapi,
apabila portofolio lebih ditekankan pada usaha guru untuk menilai dan
memperbaiki pembelajarannya, guru harus menen-tukan apa saja yang harus
disajikan dalam portofolio.
Bagaimana cara memilih?
Ada beberapa cara menentukan butir-butir yang perlu
disajikan dalam portofolio. Guru dan
siswa perlu bekerja sama untuk menentukan butir-butir itu. Dan setelah ada kesepakatan, perlu dibuat
daftar kategori atau pedoman tertulis.
Bagaimana cara melibatkan siswa?
Siswa perlu menjelaskan secara tertulis, mengapa suatu butir
atau topik perlu disajikan dalam portofolio masing-masing. Bila perlu, siswa dan guru dapat melakukan
diskusi tentang hal tersebut.
Bagaimana peranan guru?
Di samping membantu siswa, guru perlu mengambil sampel isi
portofolio, terutama dalam rangka memahami cara-cara siswa berpikir, bekerja,
bekerja sama dalam kelompok, dan bagaimana pemahaman siswa atas materi tertentu
berkembang.
Bagaimana kriteria eksternal?
Guru atau pihak lain yang menugasi siswa membuat portofolio
dapat menggunakan kriteria tertentu untuk mengetahui cara-cara siswa
‘mendekati’ masalah atau perkara tertentu.
Dalam hal demikian, guru dapat mendiskusikan kriteria itu dengan sesama
guru atau dengan pihak luar tersebut.
Kapan harus dipilih?
Waktu kapan butir-butir dipilih untuk dimasukkan ke dalam
portofolio tergantung kepada tujuan.
Apabila hasil yang menjadi tujuan, maka hasil kerja terbaik saja, atau
hasil kerja terakhir saja yang perlu dimasukkan ke dalam portofolio. Akan tetapi, kalau kemajuan siswa lebih
dipentingkan, maka portofolio harus berisi bukti-bukti tentang perkembangan
pengetahuan dan keterampilan siswa atau perkembangan sikap siswa.
Apa yang perlu dilakukan oleh guru
terhadap setiap isi?
Selain
menilai guru sebaiknya memberikan komentar pada setiap butir isi portofolio,
baik yang berupa saran pningkatan belajar, maupun yang berupa pujian atas
prestasi siswa yang bersangkutan.