Apakah yang disebut “portofolio”? Ada beberapa macam
portofolio. Dalam kalangan seniman misalnya, ada portofolio yang berarti
kumpulan hasil karya terbaik seorang seniman, yang sengaja diadakan untuk
keperluan pameran. Dalam dunia pendidikan, portofolio adalah kumpulan
hasil karya seorang siswa, sebagai hasil pelaksanaan tugas kinerja, yang
ditentukan oleh guru atau oleh siswa bersama guru, sebagai bagian dari uasaha
mencapai tujuan belajar, atau mencapai kompetensi yang ditentukan dalam
kurikulum. Jadi, tidak setiap kumpulan karya seorang siswa disebut
portofolio. Portofolio dalam arti ini,
dapat digunakan sebagai instrumen penilaian atau salah satu komponen dari
instrumen penilaian, untuk menilai kompetensi siswa, atau menilai hasil belajar
siswa. Portofolio demikian disebut juga
‘portofolio untuk penilaian’ atau ‘portofolio penilaian’.
Sebagai
instrumen penilaian, portofolio difokuskan pada dokumen tentang kerja siswa
yang produktif, yaitu ‘bukti’ tentang apa yang dapat dilakukan oleh siswa,
bukan apa yang tidak dapat dikerjakan (dijawab atau dipecahkan) oleh siswa.
Bagi guru, portofolio menyajikan wawasan tentang banyak segi perkembangan siswa
dalam belajarnya: cara berpikirnya, pemahamannya atas pelajaran yang
bersangkutan, kemampuannya mengungkapkan gagasan-gagasannya, sikapnya terhadap
mata pelajaran yang bersangkutan, dan sebagainya. Portofolio penilaian bukan sekedar kumpulan
hasil kerja siswa, melainkan kumpulan hasil siswa dari kerja yang sengaja
diperbuat siswa untuk menunjukkan bukti tentang kompetensi, pemahaman, dan
capaian siswa dalam mata pelajaran tertentu.
Portofolio juga merupakan kumpulan informasi yang perlu diketahui oleh
guru sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan langkah-langkah perbaikan
pembelajaran, atau peningkatan belajar siswa.
Portofolio siswa
untuk penilaian merupakan kumpulan produksi siswa, yang berisi berbagai jenis karya
seorang siswa, misalnya:
1.
Hasil
proyek, penyelidikan, atau praktik siswa, yang disajikan secara tertulis atau
dengan penjelasan tertulis.
2.
Gambar
atau laporan hasil pengamatan siswa, dalam rangka melaksanakan tugas untuk mata
pelajaran yang bersangkutan
3.
Analisis
situasi yang berkaitan atau relevan dengan mata pelajaran yang bersangkutan
4.
Deskripsi
dan diagram pemecahan suatu masalah, dalam mata pelajaran yang bersangkutan
5.
Laporan
hasil penyelidikan tentang hubungan antara konsep-konsep dalam mata pelajaran
atau antarmata-pelajaran
6.
Penyelesaian
soal-soal terbuka
7.
Hasil
tugas pekerjaan rumah yang khas, misalnya dengan cara yang berbeda dengan cara
yang diajarkan di sekolah, atau dengan cara yang berbeda dari cara pilihan
teman-teman sekelasnya
8.
Laporan
kerja kelompok
9.
Hasil
kerja siswa yang diperoleh dengan menggunakan alat rekam video, alat rekam
audio, dan komputer.
10.
Fotokopi
surat piagam atau tanda penghargaan yang pernah diterima oleh siswa yang
bersangkutan.
11.
Hasil
karya dalam mata pelajaran yang bersangkutan, yang tidak ditugas-kan oleh guru
(atas pilihan siswa sendiri, tetapi relevan dengan mata pelajaran yang
bersangkutan)
12.
Cerita
tentang kesenangan atau ketidaksenangan siswa terhadap mata pelajaran yang
bersangkutan
13.
Cerita
tentang usaha siswa sendiri dalam mengatasi hambatan psikologis, atau usaha
peningkatan diri, dalam mempelajari mata pelajaran yang bersangkutan.
Laporan
tentang sikap siswa terhadap pelajaran