Wednesday, August 8, 2018

Tiga konsepsi bahan ajar

Tiga konsepsi bahan ajar yaitu representasi dari  bahan ajar yang terdiri dari tiga konsepsi yaitu Citra Auditorial atau pendengaran, Citra Visual atau penglihatan dan Citra Kinestetik atau Peragaan / gerak
Representasi bahan ajar atau konsepsi bahan ajar adalah gambaran atau konsepsi dari obyek – obyek atau bahan ajar yang diwujudkan kedalam tiga bentuk (konsepsi) yaitu konsepsi sama (Auditorial atau pendengaran)’, absoro( Visual atau penglihatan) dan fuada (Kinestetik atau gerakan) . Tiga Konsepsi yang kemudian disebut dengan Citra Auditorial , Visual  dan Kinestetik

Citra Auditorial adalah suatu bahan ajar  atau konsepsi bahan ajar dapat di representasikan atau diwujudkan kedalam bentuk konsepsi Auditorial atau pendengaran.
 Citra Visual adalah suatu bahan ajar  atau konsepsi bahan ajar dapat representasikan atau diwujudkan kedalam bentuk konsepsi Visual atau penglihatan.
Citra Kinestetik adalah suatu bahan ajar  atau konsepsi bahan ajar dapat representasikan atau diwujudkan kedalam bentuk konsepsi Kinestetik atau peragaan / gerakan
Sehingga dalam pembelajaran dengan Metode Pembelajaran dengan Tiga Pencitraan  harus memperhatikan lima prinsip sebagai berikut : pertama, mengakui adanya Dominasi potensi kodrati siswa dalam mengatur dan menyerap informasi secara maximal dan mudah.  kedua, Mengakui adanya konsepsi awal yang dimiliki siswa yang merupakan hasil dari pengalaman hidup sebelumnya; ketiga, mengakui bahwa pengetahuan tidak dapat diperoleh secara pasif; dan keempat, mengutamakan terjadinya interaksi sosial antara potensi siswa  dan  citra bahan ajar yaitu Auditorial, Visual dan kinestetik. serta kelima, dalam proses pembelajaran akan tersimpan di otak kanan (long time memory) bila melibatkan dominasi potensi kodrati yang dimiliki sehingga akan teringat relatif dalam waktu yang lama. Dari beberapa keterangan di atas maka dapat dikatakan bahwa Metode Pembelajaran dengan Tiga Pencitraan adalah suatu metode dalam pembelajaran dengan memetakan antara potensi kodrati siswa (sama’ absoro dan fuada ) denga  konsepsi / citra bahan ajar (citra Auditorial, citra visual dan citra kinestetik).