metode /métode/ cara kerja yang
teratur dan bersistem untuk dapat melaksanakan suatu kegiatan dengan mudah guna
mencapai maksud yg ditentukan; ;(Dedy Sugono,
2008:1022)
Di dalam proses belajar mengajar
tercakup komponen, pendekatan, dan berbagai metode pengajaran yang dikembangkan
dalam proses tersebut. Tujuan utama diselenggarakannya proses belajar
adalah demi tercapainya tujuan pembelajaran. Dan tujuan tersebut utamanya
adalah keberhasilan siswa dalam belajar dalam rangka pendidikan baik dalam suatu
mata pelajaran maupun pendidikan
pada umumnya. Jika guru terlibat di
dalamnya dengan segala macam metode yang dikembangkannya maka yang berperan
sebagai pengajar berfungsi sebagai pemimpin belajar atau fasilitator belajar, sedangkan siswa berperan sebagai pelajar atau individu yang belajar.
Usaha-usaha guru dalam proses tersebut utamanya adalah membelajarkan siswa agar
tujuan khusus maupun umum
proses belajar itu tercapai(AL Krismanto, 2003:2).
Metode
pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan
rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk
mencapai tujuan pembelajaran. Terdapat beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan
untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran, diantaranya: ceramah;
demonstrasi; diskusi; simulasi; laboratorium; pengalaman lapangan;
brainstorming; debat, simposium, dan sebagainya(Akhmad Sudrajat,2008:16)